Habib Hasan Baharun Dan Bahasa Arab

Salah satu hal yang perlu kita teladani dari Biografi Al Habib Hasan Baharun adalah kecintaan beliau terhadap Bahasar Arab.

Habib Hasan bin Ahmad Baharun sejak masa muda beliau sudah memiliki rasa cinta terhadap Bahasa Arab.

Niat beliau tidak lain adalah karena kecintaan dan keinginan beliau untuk menjalankan perintah Nabi Muhammad sebagaimana dalam hadist: "Belajarlah kalian bahasa Arab dan ajarkanlah kepada umat manusia".

Karya Tulis (Kitab-Kitab) Al Habib Hasan Baharun

Sumbangsih Habib Hasan Baharun terhadap dunia Bahasa Arab bisa kita lihat dalam karya–karya tulis beliau, antara lain:
  • Kitab Kamus Al-‘Ashriyah (Kamus Modern)
  • Kitab Muhawarah I
  • Kitab Muhawarah II 
  • Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah 
  • dan Kitab Al-Asma Ál-Yaumiyyah.
Kitab-kitab yang dikarangnya itu merupakan kitab-kitab yang cukup populer di dunia pesantren dan perguruan tinggi Islam.

Dari Kecintaan Habib Hasan Baharun terhadap Bahasa Arab akhirnya Habib Hasan bin Ahmad Baharun mendirikan pesantren tepatnya pada tahun 1982. Yang mana awal mulanya hanya ada 6 orang santri yang belajar di rumah sewa di Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Dengan sarana dan prasarana yang sangat sederhana para santri tersebut dibina langsung oleh Habib Hasan Baharun dan Habib Ahmad As-Saqqaf.

Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1983 membuka atau menerima santri putri yang berjumlah 16 orang yang bertempat di daerah yang sama.

Keadaan (tempat pondok pesantren) terus berpindah-pindah tempat dan sampai 11 kali kontrak rumah hingga tahun 1984.

Dengan jumlah santri yang terus berkembang serta tempat (rumah sewa) tidak dapat menampung jumlah santri, maka pada tahun 1985 Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah pindah ke sebuah desa yang masih jarang penduduknya dan belum ada sarana listrik, tepatnya di Desa Raci, Kecamatan Bangil. 

Jumlah santri pada waktu itu sebanyak 186 orang santri yang terdiri dari 142 orang santri putra dan 48 orang santri putri. Dan pada tahun 2017 meningkat menjadi sekitar 7500 Santri & santriwati.

Share: