Panduan Menulis Blog untuk Pemula

Menulis blog adalah salah satu tantangan yang berat bagi seorang Blogger. Tidak konsisten dan kurangnya pengetahuan dalam menulis artikel blog dapat memutuskan semangat blogger pemula atau pun senior.

Ada begitu banyak motivasi seseorang dalam menulis blog. Mulai dari berbagi pengalaman, arsip/catatan pelajaran, sampai menulis blog menghasilkan uang.

Terlepas dari bermacam-macam motivasi seorang Blogger untuk menulis. Ada hal yang tidak kalah penting dari motivasi itu sendiri. Yaitu Menulis blog untuk pemula.

Berikut ini panduan singkat menulis blog untuk pemula.

Panduan Menulis Blog

Hal yang perlu dilakukan seorang blogger sebelum menulis sebuah artikel yang baik dan dapat dipahami oleh mesin Google atau pembaca adalah Riset.

Riset bahan yang akan kita olah menjadi sebuah artikel yang baik dan bermanfaat.

Cara riset paling mudah adalah dengan menuliskan kata kunci (keyword) di Google. Sebagai contoh: kamu ingin menulis sebuah artikel yang berkaitan tentang "menulis blog" maka akan muncul beberapa blog yang berisikan artikel terkait dengan "menulis blog".

Artikel yang berkaitan tersebut bisa kamu pakai sebagai bahan referensi dalam menulis artikel nantinya.

Selain artikel yang muncul dari hasil pencarian dengan kata kunci (keyword) tersebut. Kita juga bisa memanfaatkan related keyword.

Related keyword adalah kata kunci terkait dengan kata kunci utama yang biasa ditulis dan dicari oleh orang pada mesin pencari Google.

Sebagai contoh: kamu mengetik-kan kata kunci "menulis blog" maka akan muncul beberapa kata kunci terkait. Misalnya: menulis blog dibayar, cara membuat blog, cara menulis blogger, contoh blog pribadi, dan syarat membuat blog.

Kata kunci terkait biasanya muncul di kolom kata kunci atau di bagian bawah hasil penelusuran di Google.

Catatan: jika kamu menulis blog pribadi, menulis pengalaman, dan artikel sejenisnya maka hal-hal diatas bisa kamu lewati.

Setelah melakukan riset maka saatnya kalian merangkai/menyusun judul yang baik dan menarik.

Judul yang baik dan menarik adalah judul yang memiliki panjang dan pendek standar. Tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek.

Kalian bisa menggunakan SERP preview tool untuk melihat pratinjau artikel yang kalian tulis ketika muncul di hasil penelusuran Google.

Kalian bisa melihat pratinjau judul artikel, diskripsi, url hingga snippet ketika muncul di penelusuran Google. Hal ini biasa saya lakukan ketika ingin menulis sebuah artikel, termasuk artikel tentang menulis blog ini.

Pada tool tersebut juga sudah dilengkapi keterangan jumlah kata dalam sebuah judul atau diskripsi.

Setelah membuat judul yang baik untuk artikel blog. Sekarang perhatikan bagian Url/tautan pada blog. Biasanya terletak di bagian sebelah kanan jika kamu menulis blog dengan platform Blogspot.

Buatlah/ubahlah tautan agar menjadi singkat dan tidak terpotong. Misalkan pada artikel ini hanya memakai kata kunci "menulis blog" pada url/tautan artikel.

Kamu harus berhati-hati dalam menulis url/tautan artikel di platform Blogspot karena url/tautan pada Blogspot adalah tautan permanen dan tidak dapat diubah ketika artikel sudah dipublikasi.

Hal ini berbeda dengan platform Wordpress.org yang dapat diubah kapanpun kamu mau.

Artikel "menulis blog" bersambung... (nanti saya lanjutkan, insya allah).

Share: