Dalwa Tv, Nikmatnya Belajar Online

Dalwa TV memiliki tujuan agar para alumni dan para wali santri pondok pesantren Darullughah Wadda'wah bisa mengikuti rutinitas dan aktifitas di pondok pesantren. 

Selain itu, Dalwa TV juga ikut berperan memantau dan mengawasi kegiatan putra putrinya di pondok, serta menjadi media pembelajaran secara daring/online bagi santri selama pandemi Covid 19.

Berikut ini pendapat Habib Segaf bin Hasan Baharun selaku rektor IAI Dalwa serta pengasuh pondok pesantren Darullughah Wadda'wah Putri (Dalwa Banat) tentang Nikmat dan Keistimewaan Belajar Online di Dalwa Tv.

Berikut ini merupakan transkrip dari ceramah Habib Segaf Baharun.

Nikmatnya apa ?

Sekarang biasanya kalau di depan Abuya Zein dan Ust Qoim, kan kita ga bisa sambil minum minum, sambil makan makan

Sekarang yang online, sekarang yang menyaksikan sambil lihat Dalwa TV sambil minum Kopi, ga papa, kenapa?, Karena saya tidak melihat, Ust Qoim ga melihat, itulah keuntungannya online ini.

Tapi insya Allah sama, yang hadir online maupun secara nyata, itu insya Allah sama.

Sama dengan landasan Hadist Nabi SAW:

المتكلم والسامع في الأجر سواء

Jadi orang yang berbicara yang mengajar dan yang mendengar itu sama, Yang melihat langsung dan yang melihat online, itu insya Allah sama.

Makanya misalnya, kalau Ustadz itu online sambil minum misalnya, Jangan iri, kenapa ?, insya Allah nikmatnya sama’, saya minum hilang hausnya, insya Allah kalian hilang hausnya.

Itulah sifatnya orang mukmin, itulah keistimesawaan kalau kita itu majelis online.

Tapi tetap insya Allah setiap majelis kita buat kalian dapatkan pahalanya.

Pahala yang satu kali majelis aja, seperti orang seribu rakaat, orang yang menyambangi 1000 orang sakit, orang yang mengantarkan 1000 jenazah tetap itu kita dapatkan,

Jangan berkurang sedikitpun, oleh karena itu kita ikuti terus apa yang disampaikan, apa yang ditayangkan di Dalwa Tv diikuti terus, waktunya taklim tetap kita di Dalwa Tv.

Insya Allah kalian akan diberkati waktunya, kalian akan diberkati urusannya, dan akan dijaga oleh Allah ta’ala sehingga kalian termasuk yang beruntung dan bermimpi Nabi Muhammad SAW, dicintai oleh Nabi Muhammad SAW, dibanggakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Semoga kita dapat selalu mengikuti majelis ilmu secara offline maupun online. Amin - Baca juga: Biografi Habib Segaf bin Hasan Baharun Pengasuh PonPes Dalwa Banat.

Share: