Cara Habib Hasan Baharun Memancing Uang

Ada banyak jenis amalan dan cara yang diajarkan dalam agama islam untuk memancing rejeki/uang. Ada salah satu cara memancing uang yang dilakukan oleh Habib Hasan Baharun.

Cara tersebut diketahui dari cerita Habib Segaf Baharun tentang Cara Habib Hasan Baharun Memancing Uang.

Habib Hasan Baharun adalah pendiri Pondok Pesantren Darullugah Wadda'wah Raci - Bangil yang terkenal dengan keunggulan Bahasa Arabnya.

Cerita Habib Hasan Baharun dan Habib Segaf Baharun Memancing Uang

Suatu malam, Habib Segaf Baharun dibangunkan oleh ayah beliau yaitu Habib Hasan Baharun. Habib Hasan Baharun mengajak beliau untuk jalan-jalan ke Pasar Bangil.

Habib Hasan Baharun: Wahai Segaf, Ayo ikut abi jalan-jalan.

Habib Segaf Baharun: Tengah malam begini kita jalan-jalan? Ngapain abi?

Habib Hasan Baharun: Kita jalan-jalan mancing. Ayo ikut abi.

Habib Segaf Baharun: Mancing? Mancing apa tengah malam begini abi?

Habib Hasan Baharun: Kita memancing uang.

Dengan raut wajah kebingungan Habib Segaf Baharun pun bangun dari tempat tidur beliau. Beliau pun berangkat bersama ayah beliau menuju Pasar Bangil.

Tiba di Pasar Bangil, Habib Segaf Baharun pun masih bingung karena sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah bangunan-bangunan toko yang sedang tutup, para fakir miskin, tukang becak, dan pemulung yang sedang tertidur lelap.

Tiba-tiba Habib Hasan Baharun mengeluarkan lembaran-lembaran pecahan uang 5000 yang keseluruhannya berjumlah 200.000 rupiah.

Masing-masing lembaran 5000 tersebut beliua selipkan di saku saku para fakir miskin, tukang becak, pemulung, yang sedang terlelap pulas tidur di setiap sudut penjuru pasar sambil melawan dinginnya angin malam. Namun ternyata uang yang dibagikan tidak habis-habis, beliau pun tidak segera pulang, namun masih mencari mereka para fakir miskin, tukang becak, pemulung yang sedang tidur pulas di pasar bangil hingga uang 200.000 rupiah seluruhnya dibagikan.

Tentunya pecahan uang 5000 rupiah nilai yang sangat besar pada saat itu.

Keesokan harinya, Habib Segaf Baharun diberikan kabar oleh ayah beliau bahwasanya hasil dari mancing uang di Pasar Bangil tadi malam telah membuahkan hasil. Yaitu uang 200.000 rupiah yang dibagikan kepada para fakir miskin, tukang becak, pemulung telah diganti oleh Allah dengan rejeki yang tidak terduga, yang mana jumlah rejeki yang tidak terduga tersebut tidak kurang dari 20.000.000 rupiah.

Uang tersebut pun digunakan untuk keperluan para santri oleh Habib Hasan Baharun. - Baca: Biografi Habib Hasan bin Ahmad Baharun.

Masya allah, semoga kita dapat meniru segala akhlak beliau, dan semoga Allah melancarkan segala urusan dunia dan akhirat kita. Amin

Share: